Mutiasaara Hadits

Minggu, 14 Desember 2008

Evaluasi Akhir Tahun

Didetik-detik pergantian tahun 2009 ini selayaknya kita sebagai seorang muslim atau apapun itu agamanya jika ia merasa dirinya manusia yang mempunyai berbagai macam kelemahan dan kekurangan haruslah introspeksi diri, sejauhmana nilai kita dihadapan Allah SWT atau sang pencipta. Dan sebaiknya pula kita harus punya planing atau rencana yang harus lebih baik dari tahun lalu.

Bagi seorang muslim tak layak ia terjerumus dalam satu lubang untuk yang kedua kalinya. Untuk itulah mutlak atau wajib adanya rencana yang harus di susun. Suatu rencana yang benar-benar matang untuk tahun ini. Jangan sampai tahun ini sama dengan tahun kemarin itu berarti rugiiii !!!

Dengan pergantian tahun ini juga tak perlu lah kita ini bergadang sampai pagi hanya dengan tujuan meniup terompet, membakar kembang api, membakar petasan, keliling kota sampai pagi, dan aktifitas lain yang tidak ada nilai manfaatnya di mata Allah SWT.

Cobalah untuk merenung sejenak, untuk kilas balik ke masa lalu, dan pikirkan dalam-dalam tentang apa yang telah kita perbuat. Dan tanyakan pada hati nurani kita masing-masing:
Sudah sejauh mana manfaat diri kita bagi orang lain??
Sudah berapa banyak orang yang kita bahagiakan? atau
Sebaliknya berapa banyak orang yang kita lukai hatinya?
Apakah orang merasa bahagia dengan kehadiran kita di lingkungannya? atau
Justru merasa tidak nyaman dengan adanya kita?

Dan masih banyak lagi sederetan pertannyaan yang sebaiknya kita tanyakan pada hati nurani ini.bersambung....

0 komentar:

Posting Komentar